Friday, October 15, 2010

MOTOR TERMAHAL DI DUNIA



Satu setengah abad lalu, Sylvester Howard Roper merancang sepeda motor pertamanya. Tepat 1860, hasil karya Howard bisa ditampilkan pada pameran-pameran sirkus di Amerika Serikat bagian timur.

Lalu pada perang dunia kedua, Eropa berjasa banyak dengan mempopulerkan
sepeda motor. Saat itu, motor digunakan sebagai transportasi cepat dan simpel. Teknologi pun semakin berkembang. Sepeda motor terus diciptakan lebih kuat dan lebih cepat. Bahkan salah satu motor produksi Dodge, bisa melesat di atas 600 km per jam. 

Belakangan, pabrikan motor tak hanya bersaing pada kecepatan dan kekuatan. Mereka juga bersaing dalam keunikan. Karena itu, harganya bisa melambung tinggi. Berikut daftar sepeda motor termahal di dunia versi Most Expensive Journal mulai dari yang paling murah. 

1. MV-Augusta F4CCMV-Augusta F4CCSepeda motor ini diciptakan Claudio Castiglioni, direktur MV. Dia ingin menciptakan sepeda motor spektakuler yang memenuhi kebutuhan sekaligus sebagai sesuatu yang unik. Sepeda motor dengan harga US$120 ribu atau sekitar Rp1,08 miliar ini bisa melesat 315 kilometer per jam. 

Motor ini dilengkapi dengan mesin 1.078 cc dan yang bisa menghasilkan 198 tenaga kuda. F4CC hanya dibuat 100 unit dengan setiap sepeda motor memiliki nomor seri di piringan platina di dekat pengemudi. 

2. MTT Turbine Superbike 

MTT Turbine SuperBikeMotor ini dibandrol US$150 ribu atau Rp1,35 miliar. Setara dengan mahalnya, motor ini bisa melesat cepat. MTT Turbine dikenal sebagai Y2K Turbine Superbike yang pernah menerima penghargaan Guinness World Record sebagai motor paling kuat dan pernah diproduksi masal. 

Mesin turbin dibuat oleh Rolls Royce dan mampu mengeluarkan tenaga lebih dari 300 hp (tenaga kuda). Motor ini juga menawarkan kerangka serat karbon, di bagian belakang dipasang kamera dengan layar warna LCD, detektor radar depan dan belakang dilengkapi laser, satu sentuhan pengapian Smart Start, dan banyak perangkat keren lain. Motor ini cukup populer di Hollywood. MTT Turbine pernah membintangi film Torque.
3. Icon SheeneIcon SheeneMotor seharga US$160 ribu atau Rp1,44 miliar ini dibuat oleh Andrew Morris sebegai penghormatan terhadap juara Grand Prix legendaris, Barry Sheene, yang meninggal pada 2003. 

Menggunakan mesin turbocharged 1400cc, sepeda motor ini bisa menghasilkan tenaga 250 hp. Motor ini akan dilukis oleh pelukis helm Sheene, Mike Fairholme. Masing-masing motor akan dipesan lebih dulu, disesuaikan dengan keinginan pembeli.

4. Sepeda motor konsep Macchia Nera

Sepede motor konsep Macchia NeraMeski ini konsep, Macchia dihargai US$201 ribu atau sekitar Rp1,8 miliar. Motor ini dibangun menggunakan mesin Ducati 998RS. Desainer sepeda motor Italia, khusus membuat Macchia yang cantik dan indah, namun sederhana.
Mesin Testastretta dilengkapi dengan paduan logam ringan, seperti titanium dan aluminium, sehingga sangat ringan. 

5. Ecosse Titanium Series RR Limited Edition 
Ecosse Titanium Series RR Limited EditionMotor ini dibandrol US$275 ribu atau Rp2,5 miliar. Ecosse Titanium memiliki chassis titanium dengan kerangka dilapisi serat karbon. Fitur mesin menggunakan bahan bakarinjeksi, intercooler, supercharged 2.150 cc dan mampu menghasilkan tenaga 200 hp. 

Sadel motor ini ergonomis dan dapat disesuaikan dengan selera. Motor ini juga dilengkapi arloji yang dirancang oleh pembuat jam Prancis, BRM. Arloji ini berseri sama dengan motor yang hanya diproduksi 10 unit. 

6. Dodge Tomahawk V10 Superbike 

Dodge Tomahawk V10 SuperbikeDibandrol US$555 ribu atau Rp5 miliar, Dodge Tomahawk direproduksi dari motor konsep Dodge. Motor ini hanya diproduksi 10 unit dan ditawarkan pada Natal 2003. Dodge Tomahawk Superbike V10 menggunakan mesin 8,3 liter dan 10 silinder. Tak heran bila motor ini bisa melesat 640 km per jam. Sedangkan akselerasi 0-100 km per jam bisa ditempuh dalam 2,5 detik

0 komentar:

Post a Comment

sunda harga matiku

sunda harga matiku

Pengikut