Saturday, October 16, 2010

Cemburu Punya Banyak Efek Merugi



Kecemburuan dalam hubungan adalah hal lumrah, tapi efeknya merugikan. (Foto: gettyimages)
TERBAKAR cemburu, jangan menyangkal kalau Anda pernah mengalaminya. Perasaan cemburu
datang saat Anda melihat pasangan melirik seseorang yang Anda nilai lebih menarik.

Atau bisa juga Anda cemburu saat pasangan (seperti diakuinya) hanya berbagi senyum dengan lawan jenis. Itulah cemburu, di mana tiap orang punya definisi berbeda soal perasaan satu ini.

Nyatanya, tak seorang pun ingin merasa iri (atau berada di sekitar orang yang cemburu), tapi emosi yang dirasa kerap melebihi akal dan logika hingga air mata dan rasa kesal tak tertahankan.

Kecemburuan dalam hubungan adalah hal lumrah. Namun, efeknya dapat merusak, baik untuk Anda maupun orang-orang di sekitar Anda.

Baru-baru ini, seperti dilansir Third Age, fakta tersebut diungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Emotion. Para psikolog dari University of Delaware meminta 25 pasangan untuk masing-masing duduk berdampingan di depan komputer yang terpisah.

Pada layar komputer, partisipan pria ditunjukkan beberapa gambar lalu diminta memberikan nilai terhadap keindahan yang mereka lihat. Ketika pemberian nilai dilakukan, pada layar komputer partisipan wanita diperlihatkan gambar pemandangan. Jika menyukai pemandangan yang disajikan, mereka diminta memberi tanda.

Setelah itu, para peneliti mengatakan kepada partisipan wanita bahwa pasangannya (partisipan pria) bukan sedang melihat pemandangan tetapi gambar wanita lain, dan diminta menilai ketertarikan mereka. Kemudian, partisipan wanita diminta melanjutkan aktivitas melihat pemandangan di layar komputernya sambil memberikan penilaian.

Inilah yang akhirnya menghebohkan partisipan wanita. Mereka yang mengatakan merasa sangat terganggu dengan apa yang kira-kira ada dalam pikiran pasangannya saat melihat gambar wanita cantik (alias cemburu), mulai malas melihat pemandangan.

Para peneliti mengatakan, mereka menderita apa yang disebut "emosi menyebabkan kebutaan". Dengan kata lain, cemburu benar-benar membuat wanita buta. Sayang, para peneliti tidak melakukan studi serupa pada pria. apakah hasilnya sama?

Seperti dijelaskan penyair John Dryden dalam Song of Jealousy, cemburu adalah "tiran dari pikiran" yang membutakan dan dirasakan pria maupun wanita.(ftr)

0 komentar:

Post a Comment

sunda harga matiku

sunda harga matiku

Pengikut