Saturday, January 1, 2011

Kenapa lampu sepeda motor harus menyala disiang hari?ini jawabanya




Komisaris Besar Polisi Condro Kirono, saat menjabat Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya sempat menuturkan bahwa lampu utama sepeda motor yang dinyalakan siang hari mampu mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas jalan. ”Berdasarkan ujicoba di Surabaya, lampu utama bisa mengurangi kecelakaan,” ujar Condro, di sela pencanangan program Klik Byar, di Jakarta, beberapa waktu lalu.



Boleh jadi yang dimaksud oleh Condro adalah pantulan cahaya dari lampu utama sepeda motor, bisa terlihat oleh pengendara mobil. Pantulan cahaya yang terlihat dari spion mobil membantu sang pengendara untuk lebih waspada saat berbelok. Ruang tak terlihat yang kerap disebut blind spot saat mobil berbelok, bisa agak terkurangi oleh adanya pantulan cahaya di spion mobil.



Ada sebagian teman saya yang juga menyebutkan bahwa cahaya dari lampu utama sepeda motor di siang hari bisa menyilaukan mata. Buntutnya, justeru malah merugikan keselamatan sang pengendara.

Pendapat tersebut perlu ditelisik lebih jauh. Data empiris perlu dihimpun sebagai kajian lebih jauh. Pertanyaannya, sejauhmana alasan dari para penyusun UU No 22/2009 tentang LLAJ sehingga menuangkannya dalam aturan?

Bagi saya, sebuah aturan tentu dirumuskan tidak lahir begitu saja jatuh dari langit. Pasti para pemikir dan birokrat maupun para legislator punya argumentasi yang kuat. Dalam keseharian, saya merasa terbantu jika di siang hari melihat pesepeda motor yang menyalakan lampu utamanya.

0 komentar:

Post a Comment

sunda harga matiku

sunda harga matiku

Pengikut